#RESUMEKU | KALIMAT DALAM TEKS OBSERVASI - Debora Joline

Rabu, 23 September 2020

#RESUMEKU | KALIMAT DALAM TEKS OBSERVASI

HALO ! Akhirnya aku posting lagii setelah menjalani PTS. Kali ini amu mau posting resume Bahasa Indonesia akuu. Kita lagi review materi tentang kalimat dalam teks observasi. Langsung ajaa yuk !


Kalian tauu gaa apa itu makna lugas dan kias ?? Buat yang belum tauuu , makna lugas adalah makna sebenarnya yang berdasarkan KBBI , contohnya adalah “Buah apel terasa manis.” Disini , kata “manis” benar-benar memiliki makna sebuah rasa , hal ini sesuai dengan KBBI. Sebaliknya , makna kias adalah makna yang bukan sebenarnya. Contohnya adalah “Anak itu terlihat manis.” Dalam kalimat ini , kata “manis” sedikit membingungkan , pasalnya kata manis disini berarti “cantik” dan bukan berarti sebuah rasa.


Kita harus bisa membedakan yaa teman teman , dalam membuat laporan , laporan apapun itu kita harus menggunakan makna lugas. Kenapa sihh ?? Karena laporan adalah karya tulis yang formal dan membutuhkan kejelasan dalam setiap kata-katanya. Kebalikkannya , jika kita ingin membuat puisi , akan lebih baik menggunakan makna kias. Mengapaa ?? Karena puisi membutuhkan suatu penghayatan dan keindahan tersendiri. Jadi kalau mau menuliskan kalimat di teks observasi , baiknya kita menggunakan makna lugas yaa !





Selanjutnya ada bagian dari teks observasi. Deskripsi umum biasanya akan mendeskripsikan sesuatu , maka baiknya kita menggunakan kata-kata yang fungsinya untuk menjelaskan objek.Contohnya , "ialah" atau "adalah".


Deskripsi bagian biasanya untuk menjelaskan bagian tertentu , oleh karena itu kata yang digunakan sebaiknya kata yang memiliki fungsi untuk menjelaskan bagian. Contohnya adalah "sebagai berikut" atau "diantaranya". Terakhir , deskripsi penutup. Deskripsi penutup biasanya akan menutup laporan , oleh karena itu gunakanlah kata yang memiliki fungsi untuk menutup. Contohnya adalah "demikian".


Sampai situ saja Resume ku kali ini. Semoga bermanfaat yahh ^-^ Terima kasih dan semoga hari kalian menyenangkan !
Admin : Instagram @deborajoline_