#RESUMEKU | HIKAYAT NIH - Debora Joline

Sabtu, 03 Oktober 2020

#RESUMEKU | HIKAYAT NIH

Halo ! Kali ini aku mau posting resume hikayat. Hmmm kalian tau ga sih hikayat ? Awalnya aku kurang tahu karena aku jarang denger namanya. Setelah belajar , aku baru tahuu ! Jadi aku mau sharing ini ke kalian !




Hikayat adalah sebuah sastra lama yang bentuknya sebuah cerita. Hikayat ini bukan dari Indonesia lhoo , tapi dari Malaysia. Jaman dahulu , hikayat digunakan sebagai pengantar tidur anak-anak , jadi hikayat ini diceritakan secara turun temurun dan tidak ada pengarangnya. Hikayat biasanya akan bercerita tentang jaman kerajaan dan ceritanya kurang logis. Hikayat tentu saja kurang cocok diceritakan pada jaman sekarang , namun terlepas dari semua itu , hikayat memiliki nilai yang dapat kita pelajari dan tentu nilai itu sangat penting.


Hikayat juga terlihat tidak jauh berbeda dengan cerita rakyat. Berikut ini aku berikan persamaan dan perbedaan dari hikayat dan cerita rakyat.
Persamaan : Hikayat dan cerita rakyat sama-sama diceritakan secara turun temurun dan pengarangnya tidak diketahui.
Perbedaannya : Cerita rakyat berasal dari Indonesia , sedangkan hikayat berasal dari Malaysia. Cerita rakyat ada pada saat pasca kemerdekaan , sedangkan hikayat sudah ada sebelumnya. Cerita rakyat biasanya akan dipercayai oleh masyarakat sekitar , tetapi hikayat belum tentu dipercayai.


Setelah membaca saah satu contoh hikayat , menurutku hikayat memang tidak logis isinya , tetapi bagiku hikayat sangatlah seru dan memiliki nilai tersendiri. Kalian harus coba juga membaca hikayat , link contoh hikayat akan aku kasih dibawah ya !

Contoh : http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2018/12/85.-Isi-dan-Sampul-Hikayat-Dua-Abu.pdf


Sampai sini dulu resume ku kali ini , semoga bermanfaat !
Admin : (IG) deborajoline_
(GMAIL) deborajd05@gmail.com