#AyoBahas | Rumah - Debora Joline

Minggu, 05 Februari 2023

#AyoBahas | Rumah

Sebuah rumah tidak akan terbangun dengan baik dan indah jika pondasinya masih belum kuat. Rasanya akan unik dan sempurna jika rumah itu dibangun dengan berbagai jenis bahan yang berbeda. Rasanya memaksa jika sang perancang tidak mengetahui model atau desain, tetapi ingin mencampur bahan bangunan untuk rumah itu. Begitu pula dengan konsep bangsa ini. Bangsa ini bisa berdiri jika pondasi persatuan rakyatnya sudah baik, bahkan akan terasa sempurna jika persatuan itu datang dari banyak perbedaan. Akan tetapi, ketidakjelasan juga akan nampak jika persatuan itu dilaksanakan secara terpaksa tanpa adanya teori dan hukum yang jelas. 




     Secara filosofis, bangsa kita punya Bhineka Tunggal Ika sebagai pemersatu bangsa, itulah pondasi yang pas bagi bangsa kita. Secara sifat dan perilaku, masyarakat juga sudah banyak menerapkan praktek Bhineka Tunggal Ika. Jika diperhatikan, anak-anak usia dini juga mulai diajarkan tentang persatuan dan kesatuan di bangku sekolah, itu praktek Bhineka Tunggal Ika yang sangat baik. Hanya saja, masih ada yang kurang, yaitu soal keadilan.


     Permasalahan di bangsa ini selalu sama tiap tahun ke tahun, ketidakadilan bagi masyarakat terus merajalela. Ambil saja contoh dari maling ayam dan kasus korupsi terbesar di Indonesia. Bagaimana bisa maling ayam dipenjara, namun pelaku korupsi terbesar negara tidak ditahan? Itu tidak adil bukan. Ada baiknya kita terus mempraktekan cara pikir yang benar guna menegakkan keadilan. Perlu diingat bahwa pondasi bagi rumah kita sudah baik, mari lanjut membangun rumah yang sempurna bagi kita semua.