#RESUMEKU | Resume Teks Eksposisi - Debora Joline

Senin, 26 Oktober 2020

#RESUMEKU | Resume Teks Eksposisi

Halo ! Kali ini aku mau menuliskan blog tentang teks atau paragraf eksposisi. Waaahh , sepertinya sudah tidak asing lagi ya untuk kita. Sebelum membahasnya , kalian tau gaa apa itu teks eksposisi ? Untuk yang belum tahu, teks eksposisi adalah teks dengan gaya penulisan yang singkat , akurat , dan padat. Nahh , udah tau kan nihh. Skarang yuk kita gali lebih dalam.


Struktur teks eksposisi yang pertama adalah pendapat , kedua argumentasi , dan yang ketiga adalah kesimpulan. Jadi dari strukturnya saja sudah terlihat bahwa teks ini memang singkat dan padat. Teks ini biasanya akan mengacu pada 5W + 1H atau ADIKSIMBA. Teks ini bisa dibilang mirip dengan teks berita karena sama-sama mengacu pada 5W + 1H.
Dalam teks eksposisi terdapat kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung ide pokok dari teks tersebut , sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat yang akan menjadi pendukung dari kalimat utama.
Aku memiliki 1 contoh teks eksposisi nih , simak yuk ^^







Pendapat : Budaya Kpop sangat berdampak bagi pelajar.


Argumentasi : Dampaknya dapat muncul sebagai dampak positif ataupun negatif. Dampak positif akan muncul apabila pelajar memanfaatkan budaya Kpop. Sedangkan dampak negatif akan muncul apabila pelajar terlalu fanatik dalam mengikuti budaya Kpop.


Kesimpulan : Budaya Kpop dapat memberikan dampak positif ataupun negatif , kita sebagai pelajar harus pintar dalam mengikuti budaya ini. 


Ingat , boleh sekedar mengidolakan , tetapi jangan terlalu berlebihan agar dampaknya selalu baik bagi kita. 


Nahhh , sampai situ dulu resumeku kali ini. Semoga bermanfaat dan tetap semangaaatt !! <3
Admin : 
deborajd05@gmail.com (Gmail)
deborajoline_ (Instagram)