#RESUMEKU | RESUME DEBAT NIHH ! - Debora Joline

Selasa, 01 September 2020

#RESUMEKU | RESUME DEBAT NIHH !

Halo ! Udah lama banget nih aku ga posting. Kali ini aku mau membuat resume tentang materi yang sudah kupelajari di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Waahh yang jago ngomong dan punya banyak idee , ayo merapat , kita bahas debat sama-sama ! Yang mau belajar juga , ayo kita bahas !


Debat itu apa sih ?? Buat yang belum tau , debat adalah kegiatan adu argumentasi baik secara perorangan ataupun berkelompok dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah. Debat itu juga bertujuan untuk mempengaruhi seseorang lho dan dari debat juga kita bisa melatih cara berpikir kritis. Di dalam debat , kita membutuhkan pendapat-pendapat yang logis dan bukti tertentu. Jika tidak ada pendapat logis atau bukti , orang-orang belum tentu mau percaya pada pendapat kita.




Waktu praktik , kelas kami mempraktikkan debat parlemen asia. Debat parlemen asia terdiri dari 2 pendapat ,yaitu  pro dan kontra. Pro adalah mereka yang setuju dengan mosi , sedangkan kontra adalah mereka yang tidak setuju pada mosi. Kami membahas mosi “Jurusan IPA lebih penting dibandingkan jurusan IPS.” Sangat seru dan sangat banyak pendapat yang logis serta dengan bukti nyata dalam praktik kami. 


Namun teman-teman ada hal yang harus kalian perhatikan nih. Memang berdebat itu untuk berargumenstasi , tetapi kita harus tetap menjaga apa yang kita argumentasikan , jangan sampai kita membuat orang menjadi salah tangkap akan apa yang kita argumenkan. 


Terima kasih , semoga hari kalian menyenangkan !

Admin : @deborajoline_ atau lewat gmail deborajd05@gmail.com.

Untuk saran dan masukkan silahkan tulis di kolom komentar !